Wednesday, February 24, 2016

7 Cara mendatangkan peserta seminar

Apakah Anda pernah mengadakan sebuah event publik dan harus mencari peserta? Atau mungkin dimasa yang akan datang Anda berencana mengadakan event publik?
Anda yang sering mengadakan event public pasti tahu salah satu hal terpenting untuk suksesnya acara adalah dengan adanya peserta terutama peserta yang membayar. Tapi untuk mendatangkan peserta berbayar memang tidak mudah.
Anda berbagai cara mendatangkan peserta bisa dengan cara gratis maupun berbayar, tapi disini saya membahas cara yang berbayar karena terbukti efektif dan tidak menyia-nyiakan waktu.
Untuk promosi gratis tetap saya lakukan seperti lewat social media tapi itu goalnya hanya untuk branding, syukur-syukur kalau ada yang daftar berarti memang rejeki saya.
Promosi berbayar bisa lewat TV, Radio, Koran, Facebook Ads, Google AdWords dll, yang harus Anda fahami beda lokasi beda cara promosi karena karakter dan kebiasaan masing-masing daerah berbeda jadi Anda harus melakukan tes dan ukur.
Yang saya share disini berdasarkan apa yang sudah saya praktikan, beda orang bisa jadi hasilnya akan berbeda tapi setidaknya Anda sudah tahu bahwa cara ini memang benar-benar efektif.
Kemarin saya melakukan talkshow di Radio Suara Surabaya untuk seminar publik ‘World Class Presentation’ di Surabaya, selama 60 menit talkshow peserta yang daftar mencapai 122 orang.
Angka yang lumayan jika dibandingkan kita harus mencari peserta satu-satu dalam waktu berhari-hari. Lalu apa rahasianya supaya Anda juga melakukan hal yang sama, closing ratusan orang dalam waktu 60 menit. Karena sama-sama talkshow di Radio bisa jadi hasilnya akan berbeda kalau belum tahu cara yang efektif.
Talkshow di Radio Surabaya yang saya bawakan bersama dengan partner saya Mr. Fuad zakiy dengan tema
Bagaimana Meningkatkan Karir, Bisnis dan Penjualan dengan Merevolusi Presentasi Anda.
Kami berbagi tugas, Mr. Fuad Zakiy bagian penjualan saya bagian edukasi/ sharing. Durasi selama 60 menit yang dibagi dalam 4 sesi dengan jeda iklan 3 kali masing-masing 5 menit.
Anda 7 hal yang yang harus di perhatikan, tahapan ini dimulai dari tahap sebelum talkshow sampai dengan proses talkshow.

1. 3L (Latihan, Latihan, Latihan)

Bukan berapa lama Anda tampil tapi berapa lama Anda latihan untuk penampilan tersebut itu yang jauh lebih penting.
Bagi saya yang sudah terbiasa berbicara di depan banyak orang teryata masih tetap memiliki kesulitan untuk talkshow di Radio, ibaratnya mending berbicara di seminar dari pada di Radio.
Saya pribadi selalu rutin untuk berlatih, biasanya di depan istri dan jika memungkinkan akan saya rekam. Dengan berlatih di depan orang lain maka kita akan mendapatkan masukkan untuk perbaikan.
Pastikan Anda mendapatkan dua hal ini:
  • Apa yang sudah baik?
  • Apa yang perlu di tinggkatkan?
Laihan dengan di rekam juga sangat baik karena Anda tidak bisa bohong. Beda dengan berlatih didepan cermin, jika kita melihat penampilan di depan cermin kurang bagus kita segera memperbaiki kalau di rekam kita baru tahu baik buruknya setelah selesai.

2. Alur Talkshow

Talkshow dibagi kedalam 4 sesi, masing-masing seri diselinggi iklan selama 5 menit. Beda Radio akan beda alurnya jadi sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Sesi  1 Introduction,
Sesi ini kami memperbanyak why, kenapa pendengar radio harus mendengarkan talkshow sampai akhir dan disusul endorsment dari Mr. Fuad Zakiy kepada saya.
Why, di isi dengan pengalaman pribadi tentang karir, bisnis dan penjualan yang meningkat berkat belajar presentasi. Jika Anda tidak punya cerita pribadi maka gunakan cerita orang lain. Berikan ilustrasi dalam bentuk cerita, karena pendengar lebih tertarik mendegarkan cerita.
Endorsment berfungsi untuk meningkatkan trust  pendengar kepada saya, ini penting karena jika pendengar sudah trust mereka akan mendengarkan dengan serius dan sampai akhir.
Sesi 2 di sharing ilmu dan jualan,
Anda harus bayak berbagi ilmu terlebih dahulu, buat pendengar merasa mendapatkan manfaat bukan hanya membuat mereka penasaran.
Kesalahan yang sering terjadi ketika promosi lewat talkshow adalah hanya membuat pendengar penasaran. Padahal itu saja belum cukup, kalau pendengar merasa mendapatkan manfaat pasti mereka action.
Setelah sharing disusul dengan jualan, urutan yang saya gunakan seperti ini:
info seminar → apa yang dipelajari → investasi → kenapa harus daftar sekarang  (bonus) → call to action
Info seminar terkait dengan tema seminarnya, waktu dan tempat,tentang  pembicara seminarnya .
kemudian  jelaskan apa saja yang dipelajari (yang didapatkan) audiens, misalnya: di seminar ini Anda akan belajar bla. .bla.  .bla..
untuk investasi jangan lupa harga coret, misalnya investasi normal 500rb, khusus untuk pendengar radio Surabaya cukup bayar 197rb saja. Ingat jangan asal membuat harga coret, harga coret ditentukan berdasarkan harga pasar tertinggi yang pernah Anda ketahui.
Beri pendengar alasan kenapa harus action sekarang. Ingat, orang lebih banyak membeli karena emosi dan pada saat Anda talkshow disitulah puncak emosi pendengar jadi pastikan mereka untuk langsung action bukan nanti atau besok tapi sekarang juga. Contohya:
untuk Anda yang daftar sekarang, khusus 20 pendaftar tercepat akan mendapatkan bonus . . . . senilai . . .
Call to action artinya beri perintah yang jelas supaya audiens lebih cepat bertindak, jika  perintah tidak jelas akan sangat mempengaruhi prosentase closing. Contoh:
daftar sekarang juga, ambil HP Anda silahkan ketik sms ke 0812-3660-9149 dengan format WCP (spasi) Nama Anda, kirim sekarang juga. Saya ulangi. . . .
Dengan adanya perintah yang jelas maka audiens akan lebih mudah mengambil tindakan. Calon pembeli tidak tahu apa yang harus mereka lakukan sampai Anda yang memberi tahu. Jadi pastikan talkshow Anda bukan hanya sekedar just info tapi berakhir dengan call to action.
Sesi 3 di sharing ilmu dan jualan (sama dengan sesi  2), sesi 4 Jualan dan kesimpulan.
Fungsi kesimpulan adalah untuk mereview lagi materi yang sudah disampaikan dan menegaskan tentang pentingnya event ini untuk pendengar (memperbesar rasa kebutuhan pendengar).

3. Skrip

Skrip adalah panduan Anda, bisa dibilang contekan yang Anda bawa. Berisi detail materi yang akan disampaikan, dibuat sedetail  mungkin yang fungsinya supaya yang Anda sampaikan tidak keluar dari pakemnya.
Selain itu skrip juga menjadi panduan penyiar radio tentang apa saja yang dibahas dan apa yang harus dilakukan penyiar radio.
Banyak orang melupakan skrip akibatnya ketika berada di tengah-tengah talkshow mereka blank, atau ketika ada umpan balik dari pembawa acara mereka kesulitan untuk menjawab karena tidak dipersiapkan sebelumnya.
Skrip bukan hanya untuk mereka yang barus saja belajar tapi juga digunakan oleh yang sudah professional sekalipun.
Jadi jangan malas membuat skrip. Ingatlah bahwa memori otak manusia itu terbatas apalagi jika dalam kondisi live psikologi orang mudah berubah dan itu menyebabkan kita jadi binggung mau ngomong apa.
Berikut ini adalah salah satu kutipan skrip talkshow di sesi kedua ketika saya akan mulai untuk sharing:
Halo seluruh pendengar setia Radio Suara Surabaya, apa kabar? perkenalkan Saya Mustofa Thovids, orang lebih mengenal saya sebagai seorang slide presentation expert,
saja juga merupakan penulis dari buku Slide Design Mastery, satu-satunya buku desain slide presentasi yang diterbitkan oleh gramedia pustakan utama.
Jika Anda ingin merevolusi presentasi anda maka ada 3 pilar presentasi yang harus di perhatikan, yaitu materi presentasi, slide yang visual dan penyampaian yang memukau, ayo kita bahas satu persatu.
Ketika membuat skrip isinya harus detail, apakah kita akan menyampaikan 100% seperti skrip? Tentu saja tidak karena jika Anda melakukannya maka akan terkesan seperti membaca dan itu tidak enak di dengar.
Dengan skrip yang detail Anda dapat memilih mana yang penting serta tetap berada dijalur yang benar sampai talkshow selesai.

4. Sharing Manfaat

Yang perlu ada pahami tidak semua orang yang suka langsung dijuali, oleh karena itu pertama Anda harus sharing manfaat dulu, Anda harus berbagi ilmu. Sama seperti yang saya lakukan di website ini saya sharing ilmu kemudian jualan.
Jika durasi Anda pendek maka upayakan sharing ilmu yang lebih ke arah membuka mindset bukan teknis. Dari 4 sesi talkshow saya menghabiskan 75% untuk sharing karena orang baru mau beli produk Anda jika mereka merasa itu ada manfaatnya.
Orang membeli produk karena 3 alasan yaitu keinginan, kebutuhan dan ekspetasi. Dengan sharing terlebih dahulu maka kita bisa mengiming-imingi, mengedukasi dan memberikan gambaran apa manfaat  yang didapatkan untuk masa depan untuk mereka.
Jika hal ini sudah dilakukan maka conversi pendaftaran peserta akan semakin meningkat tapi ingat disini anda mengedukasi buka memberikan janji bohong atau bahkan sampai menipu mereka dengan informasi yang tidak benar.

5. Aturan Tiga

Perlu difahami bahwa talkshow itu berbeda dengan berbicara langsung lewat seminar, pendengar tidak punya banyak waktu untuk mendengarkan Anda, begitupun dengan Anda juga tidak punya banyak waktu untuk edukasi pasar.
Dengan situasi seperti itu maka kemaslah sharing Anda menjadi lebih menarik, kalau tidak menarik maka saluran Anda akan dipindah. Caranya gunakan aturan tiga.
Ketika sharing jangan terlalu banyak membahas cukup 3 hal saja, saya belajar teknik ini dari buku The Presentation Secrets of Steve Jobs, saya suka format ini karena setiap kali praktik hasilnya selalu optimal.
Mengacu dari aturan tiga di talkshow kemarin saya hanya sharing tentang 3 pilar presentasi yaitu materi presentai, slide yang visual dan penyampaian yang memukau.
Banyak orang ingin memberikan banyak hal tapi semakin banyak yang Anda bahas dalam waktu yang sebentar malah membuat pendengar sulit mengingat materi dan merasa mendapatkan manfaat yang tidak optimal.
Tidak selamanya harus 3 hal, saya juga sering menggunakan 3, 5 atau 7 menurut saya angka-angka itu terkesan lebih menarik banyak orang untuk mendengarkan. Tapi untuk durasi yang pendek saran saya tetap gunakan 3.

6. Hukum Keterbatasan

Ketika jualan selalu ingat hukum keterbatasan, jika pendengar sudah tertarik dan dia tahu itu terbatas maka secara alamiah mereka akan segera action.
Seperti kemarin khusus yang langsung daftar bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan 20 transfer tercepat akan mendapatkan bonus CD . Hukum keterbatasan akan membuat pendengar  untuk langsung action saat itu juga.
Tapi jangan heran jika team Anda dapat sms apakah saya masih dapat bonusnya?, jika ada pertanyaan seperti itu segera jawab:
jika bapak/ibu transfer sekarang kami tunggu sampai pukul . . . . maka bapak/ibu masih bisa mendapatkan bonusnya.
Hukum keterbatasan juga bisa berarti jumlah peserta yang dibatasi, tapi kalau Anda tidak membatasi pesertanya jangan pura-pura membatasi karena psikologinya berbeda. Jika peserta dibatasi 50 teryata yang hadir 200 maka akan ada orang yang merasa dirugikan karena belajar langsung dengan 200 orang tentu sangat tidak nyaman.
Jika Anda batasi teryata yang daftar lebih dari itu saran saya jangan diterima (ditolak) ini akan lebih baik untuk membangun kredibilitas Anda dari pada dapat uang sekarang tapi mereka kecewa. Ingat hal yang buruk itu lebih mudah menyebar dari pada hal baik.

7. Follow Up

Selalu siapkan orang dibelakang layar yang membantu Anda, pastikan dia menjawab semua sms yang masuk dengan cepat. Akan banyak orang yang tidak sabar untuk menerima balasan sms karena mareka takut tidak kebagian bonus atau kursi (hukum keterbatasan).
Jika Anda lama meraspon maka ada kemun gkinan mereka membatalkan pendaftaran karena 2 hal yaitu emosi mereka sudah berubah dan tidak lagi tertarik atau karena rasa trust-nya turun disebabkan lamanya respon.
Semakin cepat respon follow up team Anda akan semakin baik, caranya buatkan skrip balasan sms supaya lebih mudah, misalnya:
Anda telah terdaftar di seminar “World Class Presentation” tgl 10 Mei 2015 di Hotel Sahid Surabaya, silahkan transfer ke BCA 5610xxxx a.n Mustofa, tolong konfirmasi setelah transfer.
Ingat, berikan perintah yang jelas dan buat supaya mereka segera action. Satu lagi, jika Anda menerima pendaftara lewat telfon maka sediakan no yang berbeda ini untuk mempercepat proses follow up dan tidak menggangu jalur sms.
Itu tadi 7 point yang saya lakukan, hal ini bisa Anda praktikan dalam presentasi penjualan, talkshow, seminar maupun kegiatan lain yang menuntut Anda untuk bisa closing saat itu juga. Ingat selalu tes dan ukur karena keadaan pasar bisa saja berubah-ubah setiap waktu.
- See more at: http://trainingpresentasi.net/mendatangkan-peserta-



partisi pameran    partisi pameran foto     partisi pameran stand     partisi pameran r8    
    partisi pameran semarang
    partisi pameran surabaya
    partisi pameran bandung    
    partisi pameran solo
    partisi pameran murah    
    partisi pameran photo    
    partisi pameran jogja    
    partisi pameran adalah    
    partisi booth pameran    
    partisi buat pameran    
    jual partisi pameran bekas
    sewa partisi pameran bandung    
    sewa partisi pameran bekasi    
    sewa partisi pameran bali    
    sewa partisi pameran batam    
    harga sewa partisi pameran bandung
    ukuran partisi booth pameran    
    contoh partisi pameran    
    partisi pameran depok
    sewa partisi pameran di palembang    
    sewa partisi pameran di solo
    sewa partisi pameran di semarang    
    sewa partisi pameran di malang    
    sewa partisi pameran di bandung    
    sewa partisi pameran di medan    
    sewa partisi pameran di surabaya    
    sewa partisi pameran di makassar    
    sewa partisi pameran di jogja         sewa partisi pameran foto jakarta        harga sewa partisi pameran foto        sewa partisi untuk pameran foto        gambar partisi pameran         sewa partisi pameran harga       harga partisi pameran         harga partisi pameran per meter         harga partisi pameran murah        sewa partisi pameran jakarta        sewa partisi pameran jogja   
    penyewaan partisi pameran jakarta    
    jual partisi pameran        sewa partisi pameran murah jakarta   
    kontraktor partisi pameran    
    partisi pameran lukisan   
    sewa partisi pameran lukisan   
    sewa partisi pameran murah   
    sewa partisi pameran malang   
    sewa partisi pameran makassar    
    jual partisi pameran murah    
    sewa partisi pameran medan   
    harga sewa partisi pameran malang   
    penyewaan partisi pameran  
    panel partisi pameran  
    persewaan partisi pameran di surabaya    
    produsen partisi pameran    
    penyewaan partisi pameran di bandung    
    persewaan partisi pameran surabaya    
    partisi ruangan pameran    
    sewa partisi pameran r8    
    ukuran partisi pameran r8    
    rental partisi pameran    
    partisi standar pameran    
    partisi stand pameran    
    jual partisi pameran surabaya    
    sewa partisi stand pameran    
    ukuran partisi stand pameran    
    sewa partisi pameran tangerang    
    tinggi partisi pameran    
    partisi untuk pameran    
    harga partisi untuk pameran    
    sewa partisi untuk pameran
    jual partisi untuk pameran    
    ukuran partisi pameran    
    usaha partisi pameran    
    harga sewa partisi untuk pameran    
    sewa partisi pameran yogyakarta     

0 komentar:

Post a Comment