Wednesday, February 24, 2016

CARA BERBISNIS EVENT PAMERAN


Dimana lokasi stan Anda dan bagaimana penampilan stan Anda akan berdampak kepada kesuksesan pameran dagang Anda. Gunakan beberapa petunjuk berikut untuk membantu Anda.

Pilih lokasi dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi

Pastikan untuk melihat pada rencana dasar sebelum Anda memilih tempat Anda. Lalu lintas pejalan kaki akan paling padat di daerah-daerah tertentu dari kawasan pameran dagang. Carilah lokasi dekat pintu masuk, stan makanan, kamar kecil, ruang seminar, atau berdekatan dengan para peserta utama pameran. Cobalah untuk menghindari lorong buntu, dok bongkar-muat, tiang yang menutupi pandangan, atau daerah lalu lintas rendah lainnya.

Pertimbangkan untuk berbagi stan

Peserta pameran yang baru seringkali memperoleh lokasi yang paling kurang diminati. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan berbagi stan di lokasi yang baik dengan rekanan bisnis terkait. Berbicaralah dengan tenaga penjualan Anda, atau cobalah bekerjasama dengan peserta pameran yang sudah mapan, yang barang atau jasanya saling melengkapi dengan Anda.

Menyenangkan perasaan

Pastikan bahwa orang yang mengunjungi stan Anda dapat mengalami produk atau jasa Anda. Biarkan mereka menyentuh, melihat, merasakan, mendengar atau mencicipinya. Apakah Anda menjual bantal dekoratif? Pamerkan mereka dengan pengaturan yang sesuai dan sediakan contoh yang bisa dipegang oleh pembeli. Apakah Anda mengembangkan paket perangkat lunak yang baru? Pastikan adanya beberapa terminal komputer bagi pengunjung untuk mencoba paket tersebut.

Buatlah sederhana

Jangan meramaikan stan dengan terlalu banyak gambar. Satu gambar besar yang dapat dilihat dari jauh mungkin berdampak lebih luas daripada beberapa gambar kecil. Slogan tunggal yang mudah diingat yang menguraikan bisnis Anda dapat berkata lebih banyak daripada banyak tulisan panjang lebar.

Tipu daya berguna

Tipu daya dan hadiah juga dapat juga menggerakkan lalu lintas pengunjung menuju stan Anda. Adakan kontes; lakukan demo produk dengan suara keras; hadiahkan permen; pekerjakan tukang pijit wanita dan tawarkan penggosokan punggung secara gratis. Pastikan bahwa tipu daya tersebut cocok dengan citra perusahaan Anda dan perasaan pelanggan Anda.

[Kembali ke atas]

Mempromosikan Keberadaan Anda

Ingatlah bahwa perencanaan pameran dagang terbaik akan gagal jika tidak ada yang mengetahui bahwa Anda berada disana. CEIR memperkirakan bahwa sebanyak tiga perempat dari pengunjung pameran mengetahui pameran apa saja yang mereka ingin lihat sebelum mereka pergi ke pameran. Promosi pameran pendahuluan yang kuat akan membuat nasabah dan calon nasabah tahu mengenai pameran Anda. Beberapa petunjuk berikut akan membantu.

Manfaatkan telepon

Satu bulan hingga 6 minggu sebelum pameran, mulailah menelepon semua nasabah dan calon nasabah utama Anda untuk mengatur pertemuan. Banyak orang datang ke pameran dengan jadwal waktu yang ketat dan mempunyai sedikit atau tidak ada waktu sama sekali untuk berkunjung ke stan-stan lain, jadi penting untuk menjalankan jadwal tersebut sedini mungkin. Pastikan untuk mengkonfirmasikan semua pertemuan lewat telepon satu minggu sebelum pameran.

Sebarkan surat

Manajemen pameran akan sering membiarkan Anda membeli milis dari peserta pameran yang telah mendaftarkan diri. Cobalah pengiriman surat pra-pameran sederhana yang memusatkan pada satu atau dua manfaat dari berkunjung ke stan Anda. Pastikan untuk memasukkan informasi kontak pameran, termasuk nomor stan Anda.

Gunakan media

Media berita terbit untuk publikasi dagang dan surat kabar lokal yang akan mencakup pameran. Siaran pers Anda perlu menyoroti sesuatu yang layak dijadikan berita mengenai pameran Anda – misalnya, perkenalan produk baru atau demonstrasi khusus. Anda juga perlu menyiapkan banyak pers untuk pameran tersebut, dan pastikan untuk menaruhnya dekat ruangan siaran pers agar wartawan-wartawan dapat menemukannya.

Berhati-hatilah dengan publikasi pameran

Pemasangan iklan dalam publikasi yang hanya dibagi-bagikan pada pameran bisa mahal dan kurang efektif. Publikasi seperti ini seringkali mengandung fokus yang sempit, dan hilang dalam setumpukan kertas yang digelontorkan ke pengunjung pameran dagang.

[Kembali ke atas]

Perencanaan Strategi Tindak Lanjut Anda

Waktu untuk merencanakan strategi tindak lanjut Anda adalah sebelum pameran dimulai. Dengan cara itu, Anda dapat menjangkau bakal calon lewat pesan tindak lanjut selagi pameran masih segar dalam ingatan mereka. Disini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai tindak lanjut.

Prioritaskan tindak lanjut

Menurut CEIR (Center for Exhibition Industry Research), 80% hasil pameran tidak ditindaklanjuti. Jadikan tindak lanjut hasil pameran prioritas utama Anda setelah pameran, yang harus didahulukan dari segala sesuatu yang lain -- termasuk mengerjakan segala urusan yang tertunda selagi Anda berada di luar kantor.

Tulislah surat tindak lanjut Anda sebelum pameran dimulai

Pengiriman pasca-pameran Anda bisa menjadi sesederhana ucapan terima kasih atau brosur berisikan pesan. Tulislah dan cetaklah sebelum Anda meninggalkan kantor dan pergi ke pameran, sehingga Anda bisa segera mengirimkan semua surat tersebut begitu Anda kembali ke kantor.

Nilailah semua tanggapan yang diterima pada saat pameran

Buat peringkat menurut kepentingan dan ketertarikan, dan dasarkan usaha pasca pameran Anda pada prioritas-prioritas ini. Hubungi bakal calon terbaik Anda dalam satu minggu setelah pameran berakhir -- lebih lama Anda menunggu, mereka akan menjadi lebih basi. Kirimkan kepada semua orang lain beberapa macam surat tindak lanjut.

Tepati janji Anda

Pastikan Anda menepati setiap janji yang telah Anda buat di dalam stan Anda. Sediakan brosur dan lembar produk secukupnya sebelum pameran sehingga Anda dapat segera mengirimkan informasi yang diminta

0 komentar:

Post a Comment